KURSUS MAHIR DASAR KWARRAN SEMENDE DARAT ULU

Kemarin, tepatnya pada tanggal 14 Maret 2012 telah diadakan musyawarah Kwartir Ranting Kecamatan Semende Darat Ulu yang diadakan di Gedung MTs Raudhatun Nasihin Aremantai yang diikuti oleh seluruh Pembina Pramuka dan para Kamabigus se-kecamatan Semende Darat Ulu.
Acara yang dipandu oleh Amelia Hasanah, salah seorang siswa MTs Raudhatun Nasihin yang juga mempunyai prestasi di bidang kepramukaan dengan meraih juara umum bersama teman-temannya pada Perkemahan Akhir Semester Kwarran SDU yang diselenggarakan pada bulan Desember tahun lalu.

Pada acara musyawarah tersebut, Kamabigus MTs Raudhatun Nasihin, bapak Ashrin Muftadi, S.Ag menyampaikan sambutannya selaku tuan rumah. Dalam sambutannya Kepala MTs Raudhatun Nasihin menyampaikan ucapan terimakasih kepada peserta musran karena telah mempercayakan MTs Raudhatun Nasihin sebagai tempat berlangsungnya musyawarah. Sebagai rasa kebanggaan karena menjadi tuan rumah musran, kepala MTs Raudhatun Nasihin juga menyampaikan sedikit tentang profil MTs Raudhatun Nasihin kepada peserta musran dan pada akhir sambutannya, kepala MTs Raudhatun Nasihin mengajak peserta musran untuk mengirimkan surat al-Fatihah kepada para arwah yang telah berjasa membangun MTs Raudhatun Nasihin.
Musyawarah Kwartir Ranting Semende Darat Ulu ini juga dihadiri oleh Ka Kwarran Semende Darat Ulu, Taupik, S.Pd yang dengan santai dan ringan membuka secara resmi Musyawarh Kwartir Ranting Semende Darat Ulu.
Musyawarah Kwartir Ranting Semende Darat Ulu yang berlangsung dari jam 09.00-13.00 WIB ini bertujuan untuk membahas tentang akan diadakannya KURSUS MAHIR DASAR (KMD) bagi para pembina Pramuka yang ada di Kecamatan Semende Darat Ulu. Musyawarah yang berjalan dengan alot ini dipimpin langsung oleh Kakwarran Semende Darat Ulu dengan Kamabigus MTs Raudhatun Nasihin sebagai notulennya. Para peserta musran sangat antusias dengan rencana akan diadakannya KMD bagi para pembina, yang membuat mereka sangat antusias adalah bagaimana pelaksanaan KMD itu nantinya. Para Peserta musran dan pemimpin musyawarah membahas tentang : 1. Dimana akan dilaksanakna Kursus Mahir Dasar? 2. Kapan Pelaksanaan KMD? 3. Materi yang akan dibahas di KMD? 4 Siapa Yang akan menjadi Peserta KMD? 5. siapa pemateri KMD? dan 6. Berapa biaya yang dibutuhkan untuk KMD nanti?.

Setelah mengalami diskusi dan kesepakatan para peserta musran, maka didapat keputusan bersama yang diantaranya :
  1. Kursus Mahir Dasar Kwarran Semende Darat Ulu  akan diadakan di desa Datar Lebar
  2. Kursus Mahir Dasar (KMD) Kwarran Semende Darat Ulu akan dilaksanakan pada tanggal 13 Mei 2012. Jadwal ini masih sebagai rencana sementara
  3. Materi yang akan diberikan, antara lain :
  • AD/ART Pramuka
  • Prinsip Dasar Kepramukaan
  • Tata Upacara
  • Sejarah dan Pendidikan Pramuka
  • Kode Kehormatan
  • Organisasi Pramuka
  • Program Peserta Didik
  • SKU/TKU, SKK/TKK
  • LTBB
  • Tali Temali
  • Smaphore
  • PMP
  • Lagu Kepramukaan
  4. Peserta KMD adalah pembina putra dan putri masing-masing gugus depan di Semende Darat Ulu
  5. Pemateri adalah Kakak-kakak yang sudah KML atau kelanjutannya
  6. Biaya yang dibutuhkan pada KMD adalah : Rp. 500.000/Gugus Depan

Pada akhir musyawarh Kwarran tersebut juga diberikan SK Personalia Kwarran dan Piagam Perkemahan Akhir Semester kepada para peserta musran.

2 komentar: