AKHIRNYA ADA YANG MEMILIKI

PUNISHMENT AND REWARD, dua kata yang sama-sama mempunyai makna dalam dunia pendidikan.
kedua kata ini sangat bertolak belakang jika dilihat dari arti masing-masing, akan tetapi mempunyai satu makna yang sama dalam dunia pendidikan, yaitu sama-sama bertujuan untuk mendidik.
Kata pertama diberikan kepada seorang siswa atau warga belajar yang tindak tanduknya tidak sesuai dengan tujuan pendidikan atau tujuan suatu pembelajaran, misalnya saja ketika seorang guru sedang memberikan materi di dalam kelas, tiba-tiba ada seorang siswa yang melakukan suatu tindakan yang dapat merusak konsentrasi siswa lainnya yang sedang belajar maka terhadap siswa yang bersangkutan diberikan punishment atau "Hukuman".
Sedangkan kata yang kedua, adalah sebuah bentuk penghargaan kepada siswa atau warga belajar yang mempunyai prestasi dalam bidang akademik maupun non akademik. dalam bidang akademik misalnya seorang siswa yang mampu menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru atau siswa yang memiliki nilai tertinggi dibandingkan teman-temannya atau bahkan seorang siswa yang berhasil menjadi juara kelas dan bahkan menjadi juara umum pada akhir semester. terhadap siswa seperti ini maka selayaknya lah diberikan Reward atau hadiah.
Siswa yang diberikan reward


Gambar di atas adalah salah satu contoh pemberian reward kepada siswa yang berprestasi, siswa tersebut pada akhir semester ganjil tahun ajaran 2012/2013 di MTs Raudhatun Nasihin berhasil mendapatkan nilai tertinggi dan dinobatkan sebagai Juara Umum pada semester ganjil ini.
Tradisi yang ada di MTs Raudhatun Nasihin (Dua tahun terakhir ini,, mungkin lebih ya, karena saya baru dua tahun ngajarnya heheh, red) siswa yang berhasil menjadi juara umum tiap akhir semester maka akan diberikan sebuah trofi bergilir, jika ada siswa yang mampu mendapatkan juara umum sebanyak dua kali (tidak harus berurut) maka dia berhak memiliki trofi bergilir tersebut.
Pada akhir semester ganjil tahun ajaran 2012/2013, AKHIRNYA TROFI BERGILIR ADA YANG MEMILIKI.
Selamat untuk sang juara...!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar